Acara Diskusi dan Bedah buku : Jihad Nahdatul Ulama Melawan Korupsi

h1

Bengkulu, 08 Oktober 2018 – acara Diskusi dan Bedah buku : Jihad Nahdatul Ulama Melawan Korupsi yang berlangsung di aula prof. Drs. K.H. Dzaman Nur IAIN Bengkulu acara ini dimulai dari pukul 14.00 wib. Dengan dihadiri dosen fakultas syariah dan tamu undangan sebanyak 23 orang dan mahasiswa fakultas syariah sebanyak 139 orang. Acara ini dimulai dengan penyampaian kata sambutan dari dekan fakultas syari’ah yakni, Dr. Imam Mahdi, S.H.,M.H dan dilanjutkan Dengan pembuka acara oleh rektor IAIN Bengkulu yakni, prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag

Narasumber pada acara ini diantaranya Dr. K.H. Marzuki Wahid, M.A beliau merupakan dosen uin jakarta, Dr. K.H. Abdul Muqsith Ghozali, M.Ag dan prof. Dr. Herlambang, S.H., M.H beliau adalah ahli hukum pidana fakultas hukum UNIB. Pada diskusi kali ini membahas mulai dari pengertian dan pemahaman tentang korupsi baik dalam segi yuridis, internasional maupun pandangan ulama tentang korupsi. Tak hanya itu pada kesempatan ini juga diterangkan berbagai jenis korupsi menurut kacamata Islam, berbagai dampak yang disebabkan oleh korupsi hingga subjek yang dapat terjerumus ke dalamnya.

“ beberapa istilah fiqh yang berkaitan dengan korupsi diantaranya sariqoh (pencurian), ghulul (penggelapan), risywah (suap) dan lain sebagainya” uangkap Dr. K. H. Marzuki Wahid, M.A. Kegiatan ini terkesan interaktif karena peserta  tampak antusias menanggapi dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber.