HIMA HKI Peduli Korban Bencana NTT

Bengkulu-Fakultas Syariah, Bencana alam angin kencang, banjir bandang, dan tanah longsor menerpa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Minggu (4/4/2021).

Berdasarkan Peta Kejadian Bencana Alam Provinsi NTT milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada sepuluh kabupaten dan kota terdampak bencana yang melanda Provinsi NTT.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melaporkan, hingga Jumat (9/4/2021) ada 165 korban jiwa akibat bencana banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sebanyak 45 orang masih hilang.

Kejadian banjir dan longsor ini mendatangkan kerugian yang sangat besar sehingga masyarakat yang terdampak harus diungsikan selama tim BNPB melacak keberadaan korban yang belum ditemukan.

Dengan hadirnya bencana ini Indonesia sedang merasakan kesedihan yang mana memakan korban yang cukup banyak dan belum ditemukan. Kesedihan yang dirasakan saudara sebangsa tanah air juga dirasakan oleh masyarakat di luar Provinsi NTT terutama bagi wilayah daerah yang terdampak.

Bantuan sumbangsih berupa materi dan non materi terus diberikan oleh masyarakat untuk segera pulihnya NTT. Berbagai macam aliansi-aliansi kemanusiaan untuk menggalang dana baik melalui via online bahkan terjun lapangan secara langsung di berbagai titik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama Covid-19 berlangsung.

Aliansi Bengkulu Peduli Bencana bekerjasama dengan beberapa Aliansi lainnya seperti MRI, ACT, BAZNAZ serta ORMAWA Kampus di kota Bengkulu- salah satunya Institut Agama Islam Negeri Bengkulu yang juga ikut andil bersama perguruan tinggi lain seperti UNIB, UMB ikut bergerak menggalang dana di beberapa titik salah satunya di kawasan

Pagar Dewa dan simpang empat Polda Bengkulu oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Bengkulu, KM 8 oleh IMKB UNP, Simpang lima, Ratu Samban oleh UKM Seni Sinar UMB, Lingkar Barat dan kawasan Danau oleh BEM Fisipol UMB.

Kegiatan aksi galang dana ini dilakukan sejak Jumat (9/4/21) sampai dengan Minggu (11/4/21) yang dimulai pada puku 08.00 WIB s.d. Selesai. Adapun untuk yang ingin berdonasi secara non tunai dapat melakukan transaksi transfer Via Bank yakni dengan melalui No. rekening BNI Syariah 8800004348 (Aksi Cepat Tanggap).

Dana yang akan terkumpul ini akan segera didonasikan untuk saudara-saudara kita yang ada di NTT terutama bagi para korban yang saat ini sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan kita.